CAHAYA, WARNA DAN PERSPEKTIF

CAHAYA, WARNA DAN PERSPEKTIF
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhdAw2AX_34Xh_6kvhzQnAph_OpK1doFjeQJox3VLXrhZi0W438RlCrZAlRcPa1ShACHiFgdFz9AtBJnjDzHAr8zRFPYdUCpVw_7DaxmLuDL6fwbUGwOybDapBJaYENrK6jojbKOUrqFR0K/s72-c/COLOUR.jpg

 Pemotret yang sudah paham dengan bahasa fotografi akan melihat cahaya dari sudut kualitatif.Hal yang harus diperhatikan dalam melihat cahaya :
  • Arah cahaya : cahaya yang jatuh tidak langsung atau membias terlebih dahulu akan memberi efek nuansa yang lebih baik ketimbang cahaya yang jatuh langsung.
  • Intensitas cahaya dan warna cahaya. Kalau jumlah cahaya akan mempengaruhi teknik pencahayaan yang direkam pada film, maka kualitas cahaya akan sangat mempengaruhi kesan yang akan muncul dari sebuah karya foto.
WARNA

  • Warna adalah bagian dari keseluruhan komposisi sebuah foto. Pemotret harus mempelajari dan merasakan asosiasi warna terhadap fotonya.Ada yang harmonis tetapi ada juga yang kontradiktif. Ada warna yang saling melengkapi, yang keras dan lembut, yang dingin dan panas.
  • Pemotret harus belajar melihat warna bukan dengan mata manusia melainkan dengan mata kamera. Misalnya mata manusia melihat neon yang berwarna putih, tetapi mata melihat warna putih kehijau-hijauan, warna yang diluar alami ini dikenal dengan warna “abnormal”.

PERSPEKTIF

  • Mata manusia memandang dengan cara yang berbeda dengan mata kamera.Apa yang terlihat oleh mata ,akan melewati proses koreksi citra visual oleh otak dan disesuaikan dengan “rekaman’ pengetahuan dan pengalaman selama ini.Misal kita melihat gedung tinggi dari bawah,otak mengoreksi citra visual yang dikirim oleh mata sehingga , apa yang dilihat seakan diabaikan dan diganti dengan apa yang dipikirkan otak.Garis-garis yang kelihatan melengkung akan diabaikan dan memahami garis-garis itu harus tegak seperti aslinya.
  • Hal lain yang harus diperhatikan adalah , perbandingan antara obyek dalam sebuah foto(skala).Misal, bila kita memotret pemandangan alam yang indah, setelah dicetak di atas kertas foto ternyata tidak seindah aslinya. 
Sumber : Tri Nugroho Adi S.Sos.,M.Si.  JURUSAN ILMU KOMUNIKASI  - UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN  PURWOKERTO
Bagi - Bagi :

+ komentar + 1 komentar

15 Februari 2014 pukul 20.22

Wahhh bagus sekali gann ini buatan mana gann ini???
kalo bisa saya pesan diantar ke rumah ya...

Posting Komentar

 
Support : Arie Sontong | Boekan Potographer | Copyright © 2014. Boekan Potographer | Ari Sontong | Muhammad Asy'Ari 2014 - All Rights Reserved